Ini Cara Mudah Cegah Dehidrasi


Dehidrasi

Kekurangan cairan dapat menyebabkan tubuh merasa lelah, lesu dan lemas. Selain itu, tak banyak orang merasa bosan jika mereka harus meminum dua liter air sehari seperti yang dianjurkan oleh para pakar kesehatan.

Bagi Anda yang tidak sering minum air, berikut adalah beberapa cara untuk menanggulangi hal ini seperti dikutip dari laman medicmagic :

Hindari kaffein
Hindarilah minuman yang mengandung kaffein sebisa mungkin. Kaffein cenderung menghilangkan manfaat dari air untuk tubuh hal ini dikarenakan kaffein sebenarnya menghilangkan kelembaban. Jika Anda membutuhkan minuman hangat, lebih baik memilih teh herbal seperti teh hijau atau chamomile.

Teh hijau mengandung antioksidan yang baik dan mampu melindungi tubuh. Teh Chamomile memiliki efek menenangkan. Jika Anda tak suka meminum teh herbal yang panas, letakkan teh itu di dalam lemari es dan minumlah ketika sudah dingin.

Jus tomat
Tomat memiliki kandungan air yang tinggi. Dengan rutin meminum jus tomat, tubuh tak hanya mendapat asupan buah. Mengonsumsi segelas jus tomat setiap hari juga merupakan cara yang menyenangkan untuk meningkatkan cairan tubuh.

Sup
Sup pada umumnya didasari oleh air. Di musim hujan atau dingin, dapatkan manfaat dari semangkuk sup hangat sebagaijalan memperoleh cairan dengan cara yang nikmat.

Tambahkan sepotong lemon
Jika Anda merasa bosan meminum air mineral, cobalah tambahkan lemon atau perasan jeruk nipis (atau keduanya) kedalam segelas air. Hal ini akan menambahkan rasa dalam air yang Anda minum, tetapi jangan tambahkan gula atau zat lain.

Memakan lebih banyak makanan yang mengandung air
Pilihlah buah buahan yang mengandung banyak air seperti semangka dan cranberry. Semangka mengandung 90 persen air dan nutrisi penting lainnya seperti vitamin C dan Vitamin A.

Editor : Soegeng Haryadi
Sumber : Antara
Sriwijaya Post – Senin, 9 Januari 2012 11:33 WIB

About Iwan Lemabang

aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa. LEMABANG 2008

Posted on 2012/01/09, in Lifestyle. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: