Bulan Kasih Sayang Allah.


https://iwandj.files.wordpress.com/2008/11/bismilah2-1.gif

BULAN Ramadhan adalah bulan kasih sayang, bulan ampunan dan bulan pembebasan dari api neraka bagi orang yang beribadah dan bergembira dengan datangnya bulan suci Ramadhan. Kita bergembira karena bulan Ramadhan adalah bulan yang mulia, yang penuh berkah. Oleh karena itu, marilah kita perlihatkan kegembiraan kita dengan hal-hal yang positif yaitu banyak-banyak berdzikir, bertasbih, bertahmid dan berdo’a, karena tiada suatu amal apapun yang lebih melapangkan dada, yang besar pahalanya selain berdzikir yaitu mengingat Allah SWT. Allah SWT berfirman:

“Ingatlah kepada-Ku, maka Aku akan ingat kepadamu.” (QS. Al-Baqarah: 152)

Dan firman Allah:

“(Yaitu) orang-orang yanng beriman dan hati mereka menjadi tentram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tentram.” (QS. Ar-Ra’d)

Diantara keberkahan dan kasih sayang Allah yang ada di dalam bulan Ramadhan ialah Allah membuka pintu-pintu surga dan menutup pintu-pintu neraka. Rasulullah SAW bersabda:

“Sesungguhnya pintu-pintu langit dan pintu syurga dibukakan semuanya pada bulan suci Ramadhan dan ditutup pintu-pintu neraka.”

Di dalam bulan Ramadhan pahala amal dilipatgandakan sampai 70 kali lipat. Rasulullah SAW bersabda:

“Sesungguhnya barang siapa yang mendekatkan diri kepada Allah di bulan Ramadhan dengan ibadah yang wajib maka ia akan mendapatkan pahala 70 kali lipat dari hari-hari bulan yang lain. Alangkah banyaknya kebaikan yang ada di dalam bulan Ramadhan ini maka beruntunglah bagi orang yang banyak beramal di dalam bulan yang penuh berkah ini. Tetapi bagi orang-orang yang tidak beramal dan tidak melaksanakan ketaatan kepada Allah mereka tidak akan mendapat apa-apa dari keberkahan bulan yang mulia ini kecuali mereka mendapatkan kemalangan dan kerugian yang besar di dunia dan di akherat. Ada suatu kisah yang sangat menggetarkan hati setiap orang yang beriman yaitu: Sesungguhnya Rasulullah SAW ketika naik ke atas mimbar, lalu beliau berkata Amin (3x).

Ada seorang sahabat yang bertanya: “Wahai Rasulullah, sesungguhnya Engkau naik ke atas mimbar lantas Engkau berkata : “Amin (3x)”, lalu Beliau bersabda: “Sesungguhnya Jibril AS datang kepadaku, lalu berkata, “Barang siapa yang menjumpai Ramadhan, lantas dosanya tidak diampuni sampai akhir bulan Ramadhan, kemudian dia meninggal dunia, lalu dia akan masuk ke neraka, maka semoga Allah menjauhkannya dari Rahmat. Katakanlah “Amin”, lalu aku berkata: “Amin”. Dan barangsiapa yang masih mempunyai kedua orangtuanya atau salah satu dari keduanya, lantas dia tidak berbakti kepada kedua orangtuanya atau salah satunya lalu dia mati, akhirnya dia masuk neraka, maka semoga Allah menjauhkan dia dari rahmatNya”. Katakanlah “Amin”. Dan barang siapa yang namamu disebut di hadapannya lantas orang tersebut tidak membaca sholawat kepadamu lantas dia mati, akhirnya dia masuk ke neraka, maka semoga Allah menjauhkannya dari rahmatNya, katakanlah “Amin”.

Mengapa Malaikat Jibril AS berbuat demikian dan beliau meminta kepada Rasulullah SAW agar mengaminkannya? Karena Ramadhan adalah bulan rahmat bulan kasih sayang, Allah SWT akan memberikan rahmat dan kasih sayang-Nya kepada hamba-hamba-Nya yang benar-benar menjalankan ketaatan di dalam bulan yang suci ini, tidak seperti pada bulan-bulan yang lain. Maka kalau di bulan yang penuh kasih sayang Allah ini saja dia tidak mendapatkan kasih sayang dari Allah, lalu bagaimana di bulan yang lain dia akan mendapatkan kasih sayang dari Allah. Dan kalau di bulan yang penuh ampunan ini saja dia tidak mendapatkan ampunan dari segala dosanya, lalu bagaimana di bulan yang lain dia akan mendapatkan ampunan dari Allah SWT.

Sekali lagi… marilah kita manfaatkan betul bulan kasih sayang Allah ini dengan memperbanyak amal ibadah kita kepada Allah dan anggaplah Ramadhan tahun ini adalah bulan Ramadhan yang terakhir untuk kita, sebab mungkin bulan Ramadhan tahun depan kita sudah meninggalkan alam fana ini (mati). Wallahu a’lam.

Sriwijaya Post, Minggu, 30 Agustus 2009.

About Iwan Lemabang

aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa. LEMABANG 2008

Posted on 2011/07/31, in Artikel Islami and tagged . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: