Langkah Yang Tepat Dalam Pengumpulan Al-Qur’an.


Dalam usaha pengumpulan Al-Qur’an Zaid bin Tsabit telah mengambil langkah yang tepat, teliti dan mantap. Langkah tersebut adalah suatu jaminan (yang pantas) dalam penulisan dan penuh ketelitian. Zaid bin Tsabit tidak menganggap cukup menurut yang dihafal dalam hati dan yang ditulis dengan tangannya serta hasil pendengaran, tetapi ia bertitik tolak pada penyelidikan yang mendalam dari dua sumber:

1. Sumber hafalan yang tersimpan dalam hati para sahabat.

2. Sumber tulisan yang ditulis pada zaman Rasulullah.

Dua hal tersebut yaitu hafalan dan tulisan harus terpenuhi. Karena sangat bersungguh-sungguh dan berhati-hatinya ia tidak menerima data berupa tulisan sebelum disaksikan oleh dua orang yang adil bahwa tulisan tersebut ditulis dihadapan Rasulullah SAW. Hal ini dikemukakan oleh sebuah hadits yang diriwayatkan Abu Daud dalam kitab sunnahnya, dimana dia berkata, Umar datang seraya mengatakan: “Siapa yang menerima Al-Qur’an dari Rasulullah SAW maka cobalah datangkan, mereka menulisnya dalam lembaran-lembaran kertas, papan kayu dan pelepah kurma.”

Sekalipun demikian ia (Umar) tidak mau menerima begitu saja sebelum disaksikan oleh dua orang saksi. Hadits ini didukung pula oleh hadits lain yang juga diriwayatkan oleh Abu Daud, bahwa Abu Bakar mengatakan kepada Umar dan Zaid: “Duduklah anda berdua di pintu masjid. Bila ada orang yang mendatangimu perihal Al-Qur’an (Kitabullah) dengan membawa dua orang saksi, maka tulislah.”

Ibnu Hajar mengatakan: “Yang dimaksud dengan dua orang saksi adalah hafalan dan tulisan, sedangkan As-Sakhawy mengatakan bahwa yang dimaksud, adalah mereka berdua menyaksikan tulisan tersebut dihadapan Rasulullah SAW itu karena benar-benarnya usaha pemantapan, ketelitian dan kesungguhan yang digariskan oleh Abu Bakar Shiddiq kepada Zaid bin Tsabit.

Sumber: Pustaka Cibermq.

About Iwan Lemabang

aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa. LEMABANG 2008

Posted on 2009/05/04, in Pustaka Islam.. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: