PUTUS ASA


Banyak orang memprediksi/memperkirakan bahwa pasca pemilihan anggota legislatif akan terjadi depresi massal terhadap para caleg yang gagal meraih impiannya. Sementara modal yang telah dikeluarkan cukup banyak untuk berkampanye. Depresi adalah salah satu dari penyakit batin/jiwa yang ditimbulkan oleh kegagalan seseorang untuk mewujudkan impian yang ingin diraihnya. Ketidaksiapan untuk menerima kegagalan itulah akhirnya membuat seseorang mengalami tekanan batin/mental. Ketika depresi tersebut dibiarkan maka dia akan meningkat menjadi stres dan kemudian putus asa.

Oleh sebab itu putus asa, resah sedih dan duka akan menjadi penyakit yang berbahaya apabila dibiarkan berlarut-larut. Tidak sedikit orang menjadi gila bahkan melakukan bunuh diri karena putus asa. Dalam rangka menghindari itulah maka banyak lembaga dan jasa psikolog menawarkan diri untuk membantu mengatasi kemungkinan-kemungkinan yang bakal terjadi.

Karena depresi, stres dan putus asa adalah merupakan penyakit jiwa/rohani dimana Allah yang lebih tahu tentang urusan tersebut, maka obatnya harus pula langsung formulanya dari Allah, yaitu dengan therapi:

Pertama, kembali menghayati iman kepada Allah bahwa semua yang terjadi itu tidak bisa dilepaskan sebagai takdir Allah. Ketetapan dan keputusan Allah adalah yang terbaik bagi hamba-Nya. Maka jika hamba menerima dengan ikhlas akan keputusan itu maka Allah akan berikan jalan yang lebih baik.

Kedua, bergaul dengan orang-orang shaleh/budiman, sebab tidak akan keluar dari lidah orang-orang shaleh kecuali nasehat yang baik dan melapangkan hati serta do’a yang menjadi spirit dan penghibur.

Ketiga, sibukkan diri dengan kegiatan/pekerjaan yang positif dimulai dengan sabar dan shalat. Jangan berdiam diri dan termenung apalagi menghayal dan meratapi kegagalan karena hal tersebut akan memperdalam luka.

Keempat, hiasi pikiran dan jiwa dengan ilmu, karena kekosongan ilmulah seseorang mudah terperosok kedalam sikap putus asa, rendah diri, murung, sedih dll. Dengan ilmu seseorang menjadi lebih berwawasan luas, sehingga mereka selalu memiliki gairah dan semangat hidup.

Putus asa adalah suatu dosa apalagi berbuat nekad karena putus asa tentu lebih berdosa. Maka janganlah menjadi orang-orang yang mudah menyerah dari meraih rahmat Al lah. Kegagalan hari ini adalah guru dan gerbang keberhasilan masa yang akan datang. Sesungguhnya dibalik kesulitan ada kemudahan dan dibalik kegagalan lahir kesuksesan.

About Iwan Lemabang

aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa. LEMABANG 2008

Posted on 2009/04/18, in Taushiyah and tagged , . Bookmark the permalink. 1 Comment.

  1. putus asa Haram, Caleg oportunis lebih Haram lagi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: