Memperbaiki Akhlaq.


https://iwandj.files.wordpress.com/2008/11/bismilah2-1.gif

Tugas/misi kenabian yang diemban oleh Rasulullah SAW yang paling esensial/paling utama dikatakan sendiri oleh Beliau; “Sesungguhnya aku diutus agar menyempurnakan akhlaq yang baik.” Hal tersebut memang amat sangat relevan untuk mewujudkan kehidupan yang aman dan sejahtera. Akhlaq yang baik merupakan sendi tegaknya kehidupan.

Sebuah keluarga apabila penghuninya berhati mulia, tutur katanya halus dan lembut, tingkah lakunya sopan, maka semuanya akan merasa nyaman tinggal didalamnya. Oleh karena itulah syariat Islam menganjurkan agar seluruh subyek dalam rumah tangga untuk membangun terwujudnya akhlaq yang baik bagi seluruh anggota keluarganya dalam mewujudkan masyarakat yang kuat. Seorang penyair Arab bernama Syauqy Bey pernah berkata; “Suatu bangsa menjadi kuat karena budi pekertinya (akhlaqnya), jika akhlaqnya telah runtuh, maka runtuh pulalah bangsa itu.”

Apabila anggota keluarga dari suatu rumah tangga sudah dibina akhlaqnya dengan baik, maka dia akan menjadi anggota masyarakat yang baik pula. Jika semua rumah tangga sudah mampu memperbaiki akhlaqnya anggota keluarganya masing-masing, maka sedikit sekali kemungkinan terjadinya kerusakan-kerusakan dan pelanggaran-pelanggaran dalam masyarakat. Selanjutnya jika semua anggota masyarakat sudah memperlihatkan akhlaq yang baik, atau kecenderungan untuk memperbaikinya maka bangsa itu akan terpandang di mata dunia dan akan terus berjaya.

Marilah ketiga hal diatas tersebut kita jaga dan kita pelihara dengan sebaik-baiknya sesuai dengam kaidah-kaidah/norma-norma yang ditetapkan Allah (Al-Qur’an) dan Rasul-Nya (Al-Hadist) sehingga kita semua menjadi kelompok pewaris para Nabi dan Rasul dalam rangka menciptakan dunia yang damai dan sejahtera. Sekecil apa pun yang kita perbuat jika itu baik dan positif maka dampaknya akan dapat dirasakan dan dinikmati oleh siapapun. Semoga Allah SWT menempatkan kita semua menjadi golongan yang selalu dalam ridha-Nya.

About Iwan Lemabang

aku hanya manusia biasa yang tak luput dari salah dan dosa. LEMABANG 2008

Posted on 2009/01/22, in Taushiyah and tagged , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: